Pages

Senin, 06 April 2015

Penyebaran Tenaga Kerja Di Indonesia

contoh dari tidak meratanya penyebaran tenaga kerja, mendapatkan kerja yang kurang layak
          A.    factor penyebab terjadinya penyebaran tenaga kerja yang tidak merata di Indonesia

Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Sehingga di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.

Faktor lainnya yaitu kebanyakan orang yang pergi merantau ke kota – kota besar berfikir bahwa mereka pasti bisa berhasil dan sukses seperti cerita perantau yang sukses di kota besar yang sering mereka dengar dari sanak saudara ataupun teman yang juga seorang yang pernah bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Padahal kemungkinan mereka berhasil hanya sedikit, karena jika dilihat dari jumlah lapangan kerja yang sedikit mereka akan sangat kesulitan dalam mencari pekerjaan. Dan hal itu menyebabkan pengangguran, maka dari itu lah mengapa jumlah pengangguran sangat tinggi di pulau Jawa.
Seringkali orang dalam mencari pekerjaan memperhitungkan lokasi tempat pekerjaan. Bahkan ada sebagian masyarakat yang rela memperoleh pekerjaan seadanya yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki hanya karena tertarik dengan lokasi pekerjaan tersebut. Inilah Salah satu factor yang menyebabkan penyebaran tenaga kerja tidak merata.


           B.       Dampak
Penyebaran tenaga kerja yang tidak merata berdampak :
1.      Bertambah banyaknya pengangguran
2.      Kekurangan tenaga kerja di daerah terpencil
3.      Banyak sumber daya alam yang belum terkelola dengan baik


          C.    Solusi
Upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengadakan program transmigrasi, melalui program ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja di sector agraris dan sector informal, selain itu agar penyebaran tenaga kerja lebih merata.

Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dapat melakukan sosialisasi di berbagai tempat yang padat akan tenaga kerja mengenai daerah – daerah tertinggal atau terpencil, memperkenalkan peluang kerja dan kelebihan yang bisa di dapatkan juga adalah salah satu bentuk sosialisi agar para tenaga kerja ingin / mau pergi ke daerah – daerah tersebut dan menetap disana dan medapatkan pekerjaan baru yang sesuai dengan keahliaan masing - masing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About