Pages

Minggu, 05 April 2015

Upaya Peningkatan Kualitas Ketenagakerjaan oleh Pemerintah, Perusahaan, dan Masyarakat

Permasalahan pengangguran tidak akan mungkin bisa diatasi oleh pemerintah saja. Pemerintah memerlukan dukungan dari pihak lain seperti pihak swasta (perusahaan) dan masyarakat yang bersangkutan. Masing-masing pihak perlu mengambil langkah konkrit untuk memecahkan masalah pengangguran. Salah satu langkah awalnya adalah meningkatkan mutu tenaga kerja.

Tidak bisa di pungkiri bahwa kecenderungan dunia usaha saat ini adalah menerima tenaga kerja yang siap pakai. Ini berarti sebelum memasuki dunia kerja, seorang tenaga kerja harus sudah memiliki sejumlah “nilai lebih” berupa tingkat pendidikan dan keterampilan tertentu. Sementara itu masih banyak tenaga kerja di pasaran yang berpendidikan rendah. Ini berarti tenaga kerja tersebut belum siap pakai. Untuk itu, perlu ada usaha meningkatkan mutu tenaga kerja dari pihak pemerintah,swasta (perusahaan), dan masyarakat.

  1. Pemerintah
contoh salah satu upaya pemerintah yaitu sekolah menengah kejuruan
Upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja antara lain dengan mendirikan berbagai pusat latihan kerja. Upaya ini bertujuan untuk melatih orang menjadi manusia terampil,berjiwa usaha, dan kreatif. Usaha ini disertai pula dengan usaha peningkatan mutu sekolah kejuruan, penciptaan kondisi yang kondusif bagi penanaman modal, transmigrasi, dan keluarga berencana.
  1. Pihak Swasta (Perusahaan)
contoh salah satu upaya oleh perusahaan yaitu diterimanya siswa atau mahasiswa praktek bekerja di perusahaan

Langkah yang dapat diambil oleh pihak swasta untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan mutu tenaga kerja adalah bekerja sama dengan sekolah atau kampus menyediakan kesempatan bagi para siswa dan mahasiswa untuk kerja praktik atau magang di perusahaan yang bersangkutan. Program magang ini akan memberi pemahaman secara lebih baik kepada calon tenaga kerja mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.
Dengan demikian, para calon tenaga kerja tersebut dapat mempersiapkan dirinya dengan berbagai kemampuan dan keterampilan yang memang dibutuhkan oleh dunia usaha.
  1. Masyarakat
Beberapa langkah yang harus diambil oleh setiap masyarakat dalam meningkatkan mutu dirinya adalah sebagai berikut.  



  • Membekali diri dengan berbagai hal yang dikehendaki oleh perusahaan. 
Dalam mencari kerja, seseorang harus membekali diri dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang di syaratkan oleh perusahaan secara umum, seperti keterampilan komputer, bahasa inggris, dan keahlian khusus sesuai pekerjaan yang ditawarkan.


  • Menanamkan jiwa Wirausaha.
Bekerja bukan hanya berarti bergabung dengan suatu instansi atau perusahaan. Bila belum atau tidak bekerja pada instansi atau perusahaan, seseorang bisa bekerja secara mandiri dengan berwirausaha, seperti berternak, bertani atau berdagang.

Setiap masyarakat harus bisa mengembangkan kemampuan atau bakatnya untuk mengenali peluang, seperti membuat produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru,memasarkan, dan mengatur permodalan operasinya.

Apabila seluruh aspek tersebut tercapai maka akan terbenttuklah tenaga kerja yang berkualitas dan kompetitif.






1 komentar:

  1. The Golden Nugget | Casino, Hotel & Spa - Mapyro
    Information, 거제 출장마사지 timings, contact 평택 출장마사지 details & map 문경 출장샵 of The 남원 출장마사지 Golden Nugget in Lemoore, NV. 파주 출장마사지 See map.

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About