Pages

Senin, 06 April 2015

Upaya Pemerintah Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia cukup banyak. Hal ini perlu penanganan yang serius dari pemerintah ataupun swasta. Adapun upaya pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1.      Meningkatkan Mutu Tenaga Kerja
siswa sekolah menegah kejuruan sedang belajar gunna meningkatkan kualitas tenaga kerja
Pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu tenaga kerja dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan bagi tenaga kerja. Pelatihan kerja diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan dan produktivitas tenaga kerja. Dengan adanya pelatihan kerja diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja luar negeri. Selain diadakannya pelatihan-pelatihan, pemerintah juga membuat sekolah kejuruan yang kompetitif untuk melatih jiwa usaha sejak menjadi siswa atau siswi, dan sekolah menengah kejuruan telah banyak mencetak tenaga kerja yang berkualitas.

2.      Memperluas kesempatan kerja
upaya pemerintah membuka lapangan pekerjaan
Pemerintah berupaya untuk memperluas kesempatan kerja dengan cara berikut ini.
·         Mendirikan industri atau pabrik yang bersifat padat karya.
·         Mendorong usaha-usaha kecil dan mikro.
·         Mengintensifkan pekerjaan di daerah pedesaan.
·         Meningkatkan investasi (penanaman modal) asing.

3.      Memperluas pemerataan lapangan kerja Pemerintah mengoptimalkan informasi pemberitahuan lowongan kerja kepada para pencari kerja melalui pasar kerja. Dengan cara ini diharapkan pencari kerja mudah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

4.      Memperbaiki sistem pengupahan Pemerintah harus memerhatikan penghasilan yang layak bagi pekerja. Untuk itu pemerintah menetapkan upah minimum regional (UMR). Dengan penetapan upah minimum berarti pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang ditetapkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About